Minggu, 25 Agustus 2013

fungsi dari parenkim, sklerenkim, kolenkim


 PARENKIM









 

 

Pengertian

Jaringan Parenkim merupakan jaringan dasar yang terdapat diseluruh organ tumbuhan. Disebut sebagi jaringan dasar karena sebagai penyusun sebagian besar jaringan pada akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

Macam

Parenkim asimilasi (klorenkim), Parenkim air, Parenkim penyimpan udara

Bentuk Sel

Terdiri dari sel-sel hidup yang berukuran besar dan berdinding tipis. Bentuk sel parenkim segi enam.Memiliki banyak vakuola. Mampu bersifat meristematik. Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak rapat.

Letak
Kulit batang , akar, mesofil daun, daging buah , endosperm biji

Fungsi

Parenkim asimilasi (klorenkim) adalah sel parenkim yang mengandung klorofil dan berfungsi untuk fotosintesis.

Parenkim air adalah sel parenkim yang mampu menyimpan air. Umumnya terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen.

Parenkim udara (aerenkim) adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena mempunyai ruang antar sel yang besar.



JARINGAN SKLERENKIM






Pengertian Sklerenkim adalah jaringan pendukung pada tanaman. Jaringan sklerenkim terdiri atas sel-sel yang bersifat mati dan seluruh bagian dinding selnya mengalami penebalan. Dinding sklerenkim terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin.


Ciri - ciri sklerenkim: Sel-sel panjang, sempit, tebal dan mengalami lignifikasi, biasanya menunjuk pada kedua ujungnya. Terdiri atas sel yang telah mati yang tidak mengandung lagi protoplasma. Inti tidak hadir dan karenanya jaringan terdiri dari sel-sel mati Tidak mengalami pertumbuh-kembangan Memiliki dinding sekunder yang tebal, kenyal dan memiliki lignin. Dinding sel secara merata menebal dengan lignin dan kadang- kadang begitu tebal bahwa rongga sel atau lumen tidak ada Bersifat sederhana, lubang sering miring di dinding. Lamella tengah dinding antara sel-sel yang berdekatan adalah mencolok.

 

Fungsi: sebagai alat penyokong Melindungi dan menguatkan bagian dalam sel Memberikan kekuatan mekanik ke tubuh tanaman. Aktifitas serat sklerenkim melindungi tanaman dari berbagai stres dan strain faktor lingkungan. Serat buah-buahan dan biji membantu penyebaran mereka dengan angin. Memberikan dukungan mekanis untuk menanam dengan memberikan kekakuan, fleksibilitas dan elastisitas ke tubuh tanaman.


JARINGAN KOLENKIM (Jaringan Penyongkong / Penguat)


a. Gambar Jaringan Kolenkim





b. Pengertian
Jaringan kolenkim yaitu jaringan penyokong atau penguat pada organ tubuh muda.

c. Susunan
Tersusun oleh sel-sel yang berprotoplas hidup dengan penebalan dinding dari selulose, hemiselulose dan pektin (dengan kadar yang cukup tinggi), selnya bersifat elastis artinya dapat berkembang dan menyesuaikan diri dengan pertumbuhan memanjang organ.

d. Macam / Tipe
Berdasarkan bentuk penebalannya, ada beberapa tipe kolenkim:

1. Kolenkim tipe anguler
Penebalan dinding sel terdapat di sudut-sudut sel. Susunan sel tidak teratur, tanpa ruang antar sel. Misalnya terdapat pada tangkai daun dan batang Dahlia dan Datura.

2. Kolenkim tipe lameler (kolenkim lempeng)

Penebalan dinding sel terdapat di dinding tangensial, dinding radial relatif tidak menebal, susunan selnya teratur menurut deretan tangensial, tidak terdapat ruang antar sel. Misalnya terdapat pada batang Sambucus javanica.

3. Kolenkim tipe lakuner atau tubuler

Penebalan dinding sel terdapat di daerahdaerah yang berbatasan dengan ruang antar sel. Bentuk sel tidak teratur, banyak ruang antar sel berbentuk pita. Misalnya terdapat pada batang Lactuca sp., tangkai daun Petasites sp. dan akar nafas Monstera sp.

e. Bentuk sel
Pada kolenkim memiliki Bentuk sel yang memanjang
 

f. Letak
Umumnya ditemukan pada bagian tepi batang dan pada bagian tulang daun sebelah abaksial (bawah) atau disekeliling jaringan pembuluh

g. Fungsi

Fungsi utama pada jaringan kolenkim antara lain; sebagai penyokong pada bagian tumbuhan muda yang sedang tumbuh dan pada tumbuhan basah (herba).

3 komentar: